Sejarah Perkembangan dan Klasifikasi Komputer


Di era informasi ini telah banyak orang yang menggunakan komputer sebagai alat pembantu mereka dalam menyelesaikan tugas-tugasnya. Tapi apakah diantara mereka tau sejarah perkembangan dan klasifikasi komputernya?? Saya rasa hanya sebagian orang yang menggetahui perkembangan dan klasifikasi komputer sampai sekarang. Banyak orang hanya menggunakan komputer tetapi tidak menggerti asal muasal komputer. Oke, dengan ini akan saya coba jelaskan perkembangan komputer dan klasifikasinya. Sebelum menginjak perkembangan komputer kita harus tau pembagian zaman sebelum komputer muncul.Let’s check this out!!

Zaman natural atau disebut juga zaman manual, awal mulanya manusia menulis dan menggambar di goa-goa. Selanjutnya manusia telah dapat menghitung, untuk mempermudah mereka dalam melakukan perhitungan mereka membuat alat hitung yang dikenal sekarang dengan sempoa.

Zaman mekanis, disini manusia telah meninggalkan cara manual. Mereka lebih memilih menggunakan mesin dengan ditemukannya PASCALINE yaitu kalkulator yang dapat melakukan operasi penambahan dan penggurangan. Kartu perforasi digunakan perhitungan sensus di Amerika karena mempercepat waktu perhitungan data penduduk. Selanjutnya munculah mesin penghitung diferensial yang dibuat oleh Charles Babbage pada tahun 1830. Beliau juga mendapat gelar bapak komputer karena jasanya.

Zaman elektronis, pada zaman ini komputer telah digunakan. Banyak perubahan dari generasi pertama sampai generasi keempat seperti sekarang ini. Diantaranya perubahan yang paling mencolok adalah ukuran komputer yang semakin kecil, kecepatan komputer dan jumlah memori yang semakin besar.

1.       Generasi 1
ENIAC adalah komputer pertama kali yang dibuat, menggunakan tabung hampa sebagai komponen. Ukurannya hampir mencapai sebuah rumah dengan berat 27 ton. Dapat dibayangkan sendiri ukurannya bukan?? Sangat tidak efisien selain itu mempunyai banyak kekurangan yaitu cepat panas, kurang cepat dan membutuhkan daya besar.
ENIAC

2.       Generasi 2
UNIVAC adalah komputer komersil pertama. Ukurannya lebih kecil karena menggunakan transistor sebagai pengganti komponen tabung hampa. memiliki memori yang lebih besar dan telah menggunakan bahasa assembly.

UNIVAC
3.       Generasi 3
Komputer telah menggunakan IC sebagai pengganti transistor, resistor dan kapasitor. Hal ini dikarenakan transistor masih menggeluarkan panas yang berlebih. Dengan adanya IC suhu panas komponen dapat dikurangi dan membuat ukuran komputer semakin ringkas. Pada tahun 1971 intel mengeluarkan produk mikroprosesor pertama kali yang disebut Intel 4004 Microprocessor.
IC

4.       Generasi 4
Penggunaan chip telah digunakan. Hal ini dilakukan untuk memuat ratusan komponen menjadi bagian.
Chip


Klasifikasi komputer dibagi menjadi 5, yaitu :
1.       Supercomputer
Komputer ini digunakan untuk perhitungan yang besar yaitu satu juta perhitungan tiap detik. Ex : Peluncuran misil dan nuklir.
2.       Mainframe
Komputer ini digunakan sebagai Dump server. Ukurannya dapat diatur sesuai kegunaan pengguna.
3.       Workstation
Komputer ini hanya digunakan sebagai perhitungan matematika yang kompleks.
4.       Microcomputer
Komputer ini seperti yang kita gunakan selama ini. Ex : PC dan Laptop.
5.       Microcontroller
Komputer yang dapat melakukan tugas-tugas tertentu saja. Ex : kulkas dan mesin foto copy.



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "Sejarah Perkembangan dan Klasifikasi Komputer"

Posting Komentar